PURA TAMAN AYUN SEBAGAI SAKSI KEJAYAAN KERAJAAN MENGWI

Minggu, 26 Februari 2012 0 komentar
Saksi sejarah,
Taman Ayun itu , adalah sebuah pura yang terletak di Mengwi. Pura ini ada dekat dari Istana Mengwi. Taman ayun itu ada artinya loh, Taman itu adalah Taman, trus kalo Ayun artinya indah atau cantik. jadi Taman Ayun adalah Taman yang Indah atau Cantik. memang nama ini ga bohong. Kawasan Pura in bener-bener asri n cantik. selain itu anginnya enak juga loh, cepoi-cepoi. uh paling enak kali mau relaks di sini.
Pura ini sudah lama loh berdiri di Mengwi. Pura Taman Ayun ini dibuat pada tahun 1634 oleh raja Mengwi saat itu, yaitu I Gusti Agung Putu. Trus Pura ini dipugar kembali pada tahun 1934. Wow lama ya , 374 tahun yang lalu.


Kawasan Pura ini dibagi menjadi 3. Halaman Pertama disebut dengan Jaba, dimana kita bisa sampai sini hanya dengan lewatin jembatan trus lewat gerbang. Begitu masuk di sana ada tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (disebutnya wantilan, sering ada pertemuan dan pentas seni disini). Disini, juga ada tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin, bagus, n enak buat difoto loh. trus kita naik dikit ke tangga dan melewati gerbang, kita ke halaman berikutnya, di sebelah kanan jalan terdapat sebuah komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring Purnama. Selain itu ada aling-aling Bale Pengubengan (balai yang bersifat negatif, dimana di Dalam Pura juga nanti ada yang besifat positif, Biar Balance) yang dihiasi dengan relief menggambarkan Dewata Nawa Sanga, (9 Dewa penjaga arah mata angin). Di sebelah timur halaman ini ada satu pura kecil disebut Pura Dalem Bekak, sedangkan di pojok sebelah barat terdapat sebuah Balai Kulkul(kulkul kita akan bahas nanti. Kulkul adalah alarm dan alat komunikasi Tradisional masyarakat) menjulang tinggi. di balai kulkul ini bagus banget kalo mau ambil foto pura dan areal Taman Ayun dari atas. Areal ke Tiga atau halaman terakhir adalah yang tertinggi dan yang paling suci. Disini hanya dibuka waktu upacara aja. trus hanya yang berkepentingan yang boleh masuk. Pintunya ada 3, yang paling tengah akan dibuka di saat ada upacara, tempat ke luar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan Gerbang yang di kiri kanannya adalah untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura tersebut. Disini uniknya loh. ada banyak sekali Meru(bangunan yang menjulang, yang atapnya berbentuk limas bertumpuk-tumpuk). Mungkin temen-temen berfikir,"kan dibuka waktu upacara aja, gimana liatnya ya???" jangan kawatir. di sekeliling halaman utama ini ada jalan wisatawan.jadi kita masi bisa melihat dan menikmati bangunan ini.

selain itu Pura Taman ayun ini di kelilingi oleh kolam, jadi kelihatan kalo Pura ini Menganbang di air(wogh). trus di Halaman Utamajuga dikelilingi Air. unik ya. Selain kawasan itu di belakang Pura juga ada taman. aduh ini taman jujur gw bilang ya. sejuk banget. terhampar rumput hijau nanluas, serta banyak pohon. wogh enak buat santai. biasanya banyak pelajar kesana buat jalan-jalan dan belajar bareng gitu. kadang ada yang pacaran, trus diuber petugas(kwkwkwkwkw).

Pura Taman Ayun ini cocok buat temen-temen yang suka sejarah, suka dengan perkembangan kehidupan kerajaan. disini ada banyak cerita. dari Berdirinya Kerajaan Mengwi sampai Berkembang dan akhirnya Runtuh. wow. kerenkan. lagi pula Pura ini tidak terlalu mahal untuk masuknya. cukup dengan 4.100 buat dewasa, n 2.100 (maret 2008) buat anak-anak. murah kan???

Pura ini ga begitu jauh dari Denpasar, sekitar 25menit perjalanan. nanti kalian juga bakal liat istana Mengwi kok. ^^

Nah ini yang hot news, kenapa gw merekkomendasikan ini Pura, karena pada 12 Maret 2008, Pura Taman Ayun di masukan ke Daftar Warisan Budaya Dunia (World Heritage List). Luar biasa ya. jadi ga salah deh kalian datang kesini. Dari pada temen-temen jauh-jauh ke luar negeri nyari tempat sejarah yang juga masuk ke daftar ini. toh juga di Indonesia juga ada. ya ga.........

Gw sih ga heran kenapa Pura Taman Ayun masuk ke Daftar ini. gw lumayan tau sejarahnya. maklum gw orang Bali dan Asli Mengwi. rumah gw ga jauh dari Pura ini dan gw sering ke Pura Taman Ayun untuk foto atau sembahyang. selain itu, Karena Pura ini Gw bisa bahasa Inggris. maklum waktu SMP sering iseng kesini trus jadi guide. so belajar sejarahnya juga jadinya.

Lanjut. diluar ada juga jajanan bali. tepatnya makanan bali seperti Babi guling, Lawar DLL. lumayan buat ganjel perut. lumayan enak sih. dan murah coi. jadi sante aja. hehehe



kalo ada pertanyaan silahkan di coment ya. kalo ada tambahan di coment juga ya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 bagiILmu.com | TNB